Thursday, August 18, 2011

Bus Presiden Obama Berharga Rp 9,3 Miliar

img
Jakarta - Bila mobil kepresidenan Barack Obama memiliki nama 'The Beast,' bus kepresidenan presiden Amerika tersebut dinamakan 'The Behemoth.' Bus tersebut adalah bus yang digunakan Obama tugasnya. Harga bus ini pun cukup gila yakni mencapai US$ 1,1 juta atau sekitar Rp 9,35 miliar.

Bus yang dilabur cat hitam legam tersebut merupakan bus yang digunakan Obama dalam kunjungan ke Midwest pekan ini dan diisi oleh Obama dan para staf senior serta pasukan penjaga dari Secret Service.
The Behemoth (autoblog)
Lalu apa yang membuat bus ini jadi berharga sedemikian mahal? Ternyata fasilitas yang ada di dalamnya serta sektor keamanan yang membuat harganya melambung tinggi.

Di kabinnya ada area duduk yang berisi dua kursi dan sofa serta empak kursi di bagian belakang. Ada pula banyak telepon dan televisi layar datar yang digunakan Obama maupun staf untuk menjalankan tugas kepresidenan dan mengontrol segala hal.

Perusahaan bernama Hemphill yang membangun mobil ini dalam situsnya mengatakan bus ini juga dilengkapi dengan kamar lengkap dengan kamar mandi di dalamnya.

Bus ini akan menjadi bagian dari armada "pelindung" yang digunakan oleh Secret Service untuk transportasi presiden.
Obama mengintip dari dalam The Behemoth (autoblog)
"Nama kode ketika presiden naik adalah "Stagecoach," kata seorang sumber di pasukan Secret Service seperti detikOto kutip dari ABC News, Kamis (18/8/2011).

Dan karena ini adalah bus dinas resmi seorang presiden Amerika Serikat maka hampir bisa dipastikan kalau tingkat keamanannya pun akan sangat tinggi.

Sebab mobil dinas Obama saja mampu menahan tembakan senapan mesin hingga ledakan granat. Hal yang sama atau bahkan lebih kuat tentu bisa diaplikasi di bus ini meski Gedung Putih tidak membeberkan secara resmi spesifikasi dan fitur keamanan yang mereka aplikasi di bus tersebut.

"Merancang kendaraan kita sendiri benar-benar memberi kita tingkat keamanan yang kita tidak dapat mencapai dengan sewa bus dan perlengkapan dengan peralatan sementara," ungkap juru bicara Secret Service.

sumber: us.oto.detik.com

Popular Posts

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons