Monday, August 15, 2011

Hacker Gasak Uang Tetangga via 'Bocoran' di Facebook


Ilustrasi (Ist.)


Namun ibarat pepatah, sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga. Ya, aksi pelaku yang bernama Iain Wood akhirnya terendus polisi dan berhasil dibekuk. Atas aksi pembobolan tersebut, pria 33 tahun ini diancam hukuman penjara 15 bulan.

Setiap harinya, Wood menghabiskan waktu sekitar 18 jam di depan komputer untuk mencari tahu data login korbannya. Pria yang berasal dari Newcastle, Inggris ini sengaja berteman dengan tetangga-tetangganya di Facebook agar mendapatkan akses ke akun Facebook mereka.

Usai mendapatkan username, Wood memakainya untuk masuk ke situs bank online dan mengklik tombol 'lupa password'. Info yang ia korek dari Facebook pun lantas ia gunakan untuk menjawab security question yang diajukan.

Selain mencari data dari Facebook, Wood juga kerap mencuri informasi dari kotak pos guna membantu proses penggasakan tersebut.

Wood menghabiskan uang yang didapat untuk main judi sebelum akhirnya tertangkap polisi karena telah mengubah taktiknya. Mungkin karena terlalu percaya diri, ia mengubah skenarionya dengan mentransfer uang dari akun tetangganya, langsung ke rekeningnya sendiri.

"Ini adalah pertama kalinya saya menjumpai penipuan yang sangat terencana, kompleks dan lihai," ujar Jaksa Whitburn di pengadilan Newcastle seperti dikutip detikINET dari Telegraph, Selasa (16/10/2011).

sumber : detiknet.com



Popular Posts

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons