Thursday, August 25, 2011

Tips Aman Tinggalkan Kosan Saat Mudik

Ilustrasi : Corbis
JAKARTA - Kembali ke rumah alias mudik memang hari yang ditunggu-tunggu bagi anak kos. Kesempatan untuk berkumpul bersama orang-orang terdekat tentu tidak akan mereka lewatkan.
Tiket pesawat, kereta, atau travel sudah kamu pegang, baju sudah kamu kemas dalam koper, apalagi yang kurang? Jika kelengkapan pribadimu telah lengkap, bagaimana dengan kamar kosan? Sudah siapkah untuk kita tinggalkan?

Berikut beberapa tips bagimu yang hendak mudik dan ingin meninggalkan kosan tanpa rasa was-was.

1. Jangan tinggalkan barang-barang berharga di kosan
Barang-barang berharga seperti handphone dan laptop sebaiknya kamu bawa kembali ke rumah. Sangat berisiko meninggalkan barang berharga di rumah yang kosong.

Jika terpaksa harus meninggalkan barang-barang tersebut, sebaiknya kamu titipkan pada ibu kos atau teman satu kos yang tidak mudik.

2. Matikan semua arus listrik
Matikan dan cabut semua kabel listrik pada barang-barang elektronik yang ada di kamar kos, seperti kipas angin, lampu belajar, atau TV. Hal ini bertujuan mencegah terjadinya kebakaran atau terjadinya arus pendek (korslet).

3. Kunci pintu, lemari, dan jendela
Pastikan ketika akan meninggalkan kosan, kamu telah mengunci lemari, laci, pintu, dan jendela kamar kos.

Ingat, tindak kejahatan bisa terjadi bukan hanya karena ada niat, tapi juga adanya kesempatan untuk melakukan hal tersebut.

4. Pamit pada teman satu kos maupun pemilik kosan
Berpamitan di sini bertujuan untuk memberitahukan keberadaanmu selama beberapa hari ke depan. Dengan berpamitan kepada orang-orang sekitar, kamu bisa sekaligus menitipkan kamar kos yang akan kamu tinggalkan.

Nah, sekarang kamu bisa mudik dengan tenang.
Selamat mencoba!(rhs)

sumber : kampus.okezone.com

Popular Posts

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons